Ini dia Kisaran Biaya Pendirian PT(Perseroan Terbatas) di Jakarta Selatan

           Perseroan terbatas (PT) adalah suatu badan hokum untuk menjalankan usaha yang terdiri dari saham-saham,yang mana pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya .karna memang modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan.

            Perubahan kepemilikan perusahaan bisa dilakukan tanpa harus membubarkan perusahaan tersebut.

         

             Badan usaha ini besar modalnya telah tercantum dalam anggaran dasar.kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki harta kekayaan sendiri.perlu diketahui bahwa setiap orang dapatmemiliki lebih dari satu saham yang menjadi bukti pemilik perusahaan.

       Pemilik perusahaan juga memiliki tanggung jawab yang terbatas.yaitu sebanyak saham yang dimiliki.apabila utang perusahaan melebihi kekayaan perusahaan,maka kelebihan utang tersebut adalah menjadi tanggung jawab bagi para pemilik saham.

         Dan berlaku sebaliknya apabila perusahaan mendapatkan keuntungan maka keuntungn tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.pemilik saham akan memperoleh keuntungan yang disebut deviden yang man besarnya tergantung pada besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas.

     Selain berasal dari saham, modal PT dapat pula berasal dari obligasi.keuntungan yang dimiliki para pemilik obligasi adalah mereka yang mendapatkan Bunga tetap tanpa harus menghiraukan untung atau ruginya perseroan terbatas tersebut.

      Setelah tahu apa yang dimaksud dengan perseroan terbatas secara pengertian dan Bahasa maka akan timbul sebuah pertanyaan yang sangan mendasar sekali yaitu “bagaimanakah cara mendirikan perseroan terbatas (PT) ? ”. nah, disini saya akan jabarkan sedikit syarat umum daripada pendirian perseroan terbatas:

  1. Fotokopi KTP para pemegang saham dan pengurus, minimal 2 orang.
  2. Fotokopi KK penanggung jawab / direktur.
  3. Nomor NPWP penanggung jawab.
  4. Pas foto penanggung jawab ukuran 3×4 ( 2 lembar).
  5. Fotokopi surat kontrak/sewa kantor atau bukti kepemilikan tempat usaha.
  6. Surat keterangan domisili dari pengelola gedung jika berdomisili di gedung perkontrakan.
  7. Fotokopi PBB tahun terakhir sesuai domisili perusahaan.
  8. Kantor berada di wilayah perkantoran/plaza,ruko,atau tidak di wilayah permukiman.
  9. Surat keterangan RT/RW (opsional jika memang dibutuhkan bagi perusahaan yang berada di lingkungan perumahan )khusus luar Jakarta
  10. Kapanpun harus siap survei.

Adapun syarat pendirian PT secara formal berdasarkan UU No.40/2007 adalah sebagi berikut:

  1. Pendiri minimal 2 orang atau lebih (pasal 7 ayat 1).
  2. Akta notaris yang berbahasa indonasia.
  3. Akta pendiri harus dipisahkan oleh Mentri kehakiman dan di umumkan dalam BNRI (pasal 7 ayat 4).
  4. Setiap pendiri harus mengambil bagian atas saham,kecuali dalam rangka peleburan (pasal 7 ayat 2 dan ayat 3).
  5. Modal dasar minimal Rp. 50 juta dan modal disetor minimal 25% dari modal dasar (pasal 32 pasal 33).
  6. Minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisiaris (pasal 92 ayat 3 dan pasal 108 ayat 3).
  7. Pemegang saham harus WNI atau badan hokum yang didirikan menurut hokum Indonesia, kecuali PT PMA

       Adapun prosedur yang dapt dilakukan dalam melakuakn pendirian persero terbatas ini memiliki beberapa syarat, untuk mendirikan PT, harus dengan menggunakan kata resmi (kata yang dibuat oleh notaris) yang didalamnya dicantumkan nama lain dari perseroan terbatas modal, bidang usaha, alamat perusahaan,dan lain sebagainya.

       Akta ini harus disahkan oleh Mentri kehakiman.untuk mendapatkan izin dari mentri kehakiman harus memiliki syarat sebagai berikut:

  1. Akta pendirian harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh undang-undang.
  2. Perseroan terbatas tidak bertentangan dengan ketertiban umum dan kesusilaan.
  3. Paling sedikit modal yang harus ditempatkan dan disetor adalah 25% dari modal dasar.(sesuai denagn UU No.1 tahun 1995 dan UU No. 40 tahun 2007, keduanya tentang perseroan terbatas)

       Nah, setelah mendapatkan pengasahan ,dahulu sebelum adanya UU  mengenai perseroan terbatas  (UU No. 1 tahun 1995) perseroan terbatas  harus didaftarkan ke pengadilan negri setempat.

       Tetapi setelah berlakunya UU No. 1 tahun 19951 tersebut , maka akta pedirian tersebut harus didaftarkan ke kanto pendaftaran  perusahaan(sesuai UU Wajib Daftar Perusahaan tahun 1982) dengan kata lain tidak perlu lagi daftar ke pengadilan negri .

       Setelah tahap tersebut telah terpenuhi maka dapat dinyatakan bahwa perseroan terbatas telah sah sebagai badan hukum  dan yang pasti perseroan terbatas menjadi dirinya sendiri serta dapat melakukan perjanjaian-perjanjian dan kekayaan  perseroan terpisah dari kekayaan pemiliknya.

Metode pendirian perseroan terbatas

      Apabila seseorang ingin dan akan mendirikan perseroan terbatas,maka pendiri dapat melakukan perbuatan hokum sebagaimana akan kami paparkan dibawah ini:

1.Membuat akta pendirian perseroan terbatas.

       Para pendiri dimainta untuk dating ke kantor notaris untuk dibuatatkan akta pendirian perseroan terbatas .akta pendirian ini mencakupi di dalamnya adalah anggaran dasar dari perseroan terbatas bagi yang bersakutan.

       Anggaran ini sebelumnya telah dibuat oleh para pendiri  dan telah disepakati bersama apbila para pendiri merasa tidak sanggup untuk membuat anggaran dasar tersebut bisa juga menggunakan jasa notaris dalm pembuatannya bagi yang bersanggkutan.

2.Pengiriman akta pendirian kepada Kepala Direktorat Perdata ,Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

       Nah, jadi apabila akta pendirian perseroan telah selesai dibuat maka langkah selanjutnya adalah pengirimkan akta tersebuat kepada Kepala Direktorat Perdata,Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.para pendiri juga dapat  mengantarkan akta tanpa perantara tersebut untuk meminta pengesahan dari Mentri  Direktorat dan HAM .

     Dengan syarat harus ada surat pengantar dari notaris yang berangkutan.apabila akta pendirian perseroan terbatas itu tidak ada kesulitan maka kepala direktoran perdata dan atas namamentri hukum dan HAM dengan mudah dapat mengeluarkan pengesahan akta pendirian perseroan terbatas tersebut.apabila ada hal-hal yang harus diubah,maka perubahan tersebut harus ditetapkan kembali dengan notaris sebagai tambahan akta notaris yang lalu .

3.Penyerahan akta pendirian yang telah di sahkan kepada Kepaniteraan Pengadilan Negri yang mewilayahi domisili.

       Setelah mendapakan akta yang telah disahkan oleh Kepala Direktorat dan Kementrian Hukum dan HAM.maka langkah selamjutnya adalah para pendiri  maupun seorang kuasanya ,membawa akta pendirian tersebut ke Kepanitraan Pengadilan Negri yang mewilayahi domisili perseroan tersebut utuk diadftarkan panitian yang berwenang.

       untuk hal ini mengeluarkan pemberitahuan kepada notaris bahwa perseroan terbatas telah didaftarkan pada buku register.

4.Terakhir pengiriman surat yang telah disahkan dikirim kembali ke Kantor Percetakan Negara.

           Setelah itu para pendiri membawa akta pendirian yang telah disahkan dari Direktorat  dan Kementrian Hukum dan HAM serta telah didaftarkan oleh Penitraan Pengadilan Negri, ke kantor percetakan negara,yang menerbitkan Tambahan  Berita Negara RI.

Setelah akta pendirian perseroan terbatas telah diberitakan dan di umumkan maka PT yang bersangkutan telah sah menjadi badan hukum.

Susunan permodalan

          Perlu diketahu terlebih dahulu bahwa modal dasar perseroan terbtas adalah jumlah modal yang dicantumkan dalam akta pendirian sampai jumlah maksimal bila seluruh saham dikeluarkan .selain modal dasar ,dalam perseroan terbatas juga terdapat modal yang ditetapkan ,modal yang ditetapkan dan modal yang di setor atau di bayar .

Modal yang ditempatkan merupakan modal yang telah disanggupi untuk dimasukkan,yang mana pada waktu pendiriannya merupakan jumlah yang disertapkan oleh para pendiri persero.modal yang disetor merupakan modal yang dimasukan dalm perusahaan.modal bayar merupakan modal yang diwujudkan dalam jumlah uang.

         Perseroan memiliki kekayaan sendiri dan terpisah dar keakyaaan masing- masing parapemegang saham perseroan. Termasuk dalam kekayaan perusahaan atau persero adalah modal yang mana terdiri dari :

  1. Modal dasar atau modal perseroan ,jumlah yang akan tertera dalam akta pendirian maksimumnya talah terlampir pada pasal 31-32 UU No.40 tahun 2007. modal dasar dasar perseroan adalah seruluh nilai nominal saham . adapun modal denan nominal paling sedikit adalah Rp.50.000.000,00 (pasal 32 ayat 1).
  2. Modal yang disetor adalah modal yang benar-benar telah disetoroleh para pemegang saham pad akas perseroan. Diatur pada pasal 34 UU No.40 tahun 2007 . penyetoran atas modal saham dapat dilakukan dalam bentuk uang dana atau dalam bentuk lainnya (pasal 34 ayat 1). Oenyetoran atas modal saham selanjutnya diatur pada pasal 34 ayat 2dan 3.
  3. Modal yang disanggupkan atau ditempatkan daiatur pada pasal 33 UU No. 40 tahun 2007. paling sedikit 25% dari modal dasar sebagsimana telah terlampir pada pasal 32 harus ditmpatkan dan disetor penuh (pasal 33 ayat 1)

Apabila terjadi perubahan atas besarnya jumlah modal perseroan haruslah mendapatkan pengesahan dari mentri kehakiman ,dankemudian didaftarkan sebagaiman awal.

Macam-macam saham

     Pada umumnya jenis atau macam pembagian sero/saham hanya terbagi menjadi 2 yaitu:

  1. Saham/sero atas nama, adalah nama persero terlampir diatas surat sero setelah didaftarkan dalam buku perseroan terbatas sebagai persero.
  2. Saham/sero pembawa, adalah nma persero tidak terlampir pasa atas surat dengan kata lain nama persero tidaklah disebutkan.

        Ditinjau dari pembagian atau hak-hak persero ,saham/sero dapat pula dibagi menjadi beberapa bagian ,yairu:

  1. Saham/sero biasa

Sero yang pada umumnya mendapatkan keuntungan (deviden) yang sama sesuai yang telah disepakati Bersama pada rapat umum pemegang saham .

  1. Saham /sero preferen

Sero yang satu ini selain mendapatkan keuntungan (deviden) mempunyai hak yang sama dengan sero biasa,bahkan bendapatkan hak lebih dari sero biasanyan.

  1. Saham /sero komulatif preferen

             Untuk sero ini lebih lagi tingkatanya dari pada sero preferen, sero Ini mempunyai hak lebih dari sero preferen .apabila hakitu tidak bisa dibayarkan pada tahun sekarang ,maka harus dibayarkan pada tahun berikutnya.

Pembagian wewenang dalam perseroan terbatas

        Dalam perseroan terbatas selain kekayaan perusahaan dan kekayaan pemilik modal terpisah juga ada pemisahan antara pemilik perusahaaan dan pengelolanya .pengelolaan perusahaan dapat diserah kan kepada tenaga-tenaga ahli dalam bidangnya atau professional .susunan dalam organisasi  perseroan terbatas terdiri atas pemegang saham,direksi,dan komisiaris.

         Dalam PT,para pemegang saham melaluai komisiarisnya melimpahkan seluruh wewenangnya kepada direksi untuk  menjalankan dan mengurus serta mengembangkan perusahaaan sesuai dengan tujuan dibangunnya perusahan tersebut.

       Dalam kaitan dengan tugas tersebut,direksi sangatlah berwenang untuk mewakili perusahaan ,mengadakan perjanjiandan kontrak , dan lain sebagianya.dan apabila terjadi kerugian yang amat beser (di atas 50%) maka wajib bagi direksi untuk melaorkan hal tersebut kepada para pemegang saham serta pihak ketiga,untuk kemudian dicari permasalahan yangterjadi serta diberi kan solusi dengan cara dirapatkan.

      Komisaris memiliki fungsi sebagai pengawas kinerja jajaran direksi perusahaan komisaris dapat sewaktu-waktu memeriksa pembukuan,menegur direksi,memberi petunjuk and masukan bahkan bila perlu memberhentikan direksi dengan menyelenggarakan RUPS(rapat umum pemegang saham) untuk kemudian mengambil keputusan terkait apakah direksi diberhentikan atau dilanjutkan.

       Dalam RUPS ini, semua pemegan saham berhak meneluarkan pendapat ataupun saran untuk kedepannya tanpa melihat berapa besar saham tersebut didalam perusahaan ini sekecil apapun punya hak untuk menyampaikan suaranya  suaranya .

         Dalam RUPS  sendiri dibahas masalah-masalh yang berkaitan dengan evaluasi kinerja  dan kebijakan perusahaan yang harus segera dilaksanakan . dan apabila salah seorang pemegang saham berhalangn  untuk hadir dia dapat melemparkan hak suara miliknya kepada pemegang saham lainnya yang mana ini disebut denagn proksy .

        Pada umumnya hasil dari RUPS dilimpahkan kepada komisiaris untuk kemudian diteruskan ke direksi agar segera dijalankan

Hal-hal yang dibahas Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

  1. Memberhentiakn direksi atau komisiaris
  2. Menetapkan besar gaji direksi dan komisiaris
  3. Menevaluasi kinerja perusahaan
  4. Menentukan komisiaris dan direksi bila ingin diberhentikan
  5. Menentukan kebijakan perusahaan
  6. Mengumumkan pembagian deviden(laba)
  7. Memutuskan rencana penambahan atau pengurangan saham perusahaan

Hasil yang didapatkan dari rapat umum pemegan saham (RUPS)

Mendapatkan pengusahaan

           menurut undang-undang perseroan terbatas no 40 tahun 2007 ,hal-hal dari hasil RUPS yang perlu mendapatkan pengesahan  dari mentri hukum  dan HAM adalah:

  1. Perubahan atas nama perseroan dana atau tempat kedudukan perseroan;
  2. Perubahan jangka waktu berdirinya perseroan;
  3. Perubahan besarnya modal
  4. Perubahan maksud dn tujuan serta kegiatan usah perseroan;
  5. Perubahan pengurangan modal ditetapkan dan disetor serta
  6. Perubahan perseroan dari status tertutup menjadi terbuka atau bisa juga sebaliknya

Cara agar bisa mendapatkan pengesahan dari mentri kehakiman dan HAM

           Agar segera mendaptakan pengesahan dari HAM dan mentri hukum maka segeralah kirim hasil dari Rapat Umum Pemengang Saham denagn cara yang cukup mudah yaitu di daftarkan saja,

Pertama, pengangkatan dan pemberhentian dewan komisiaris dan direksi.

Kedua,penambahan jumlah modal yang harus ditempatkan atau di setor.

           Dalam proses perizinan dan organisasi.untuk mendirikan sebuah perseroan terbatas (PT) tidaklah semudah yang mungkin kita bayangkan sebelumnya,selain biayanya yang tidak sedikit, perseroan terbatas (PT) juga membutuhkan akta notaris sebagaimana yang telah kami paparkan sebelumnya .

       Selain akta notaris dibutuhkan juga izin khusus untuk usaha tertentu.semakin besar perusahaan tersebut maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.itu belom kerumitan dan kendala yang mungkin terjadi dalam tingkat personel.sehingga hubungan antar perorangan juga lebih formal dan terkesan kaku.

Ini mungkin bisa disebut sebagai sisi lemah dari pada proses pembuatan perseroan terbatas (PT).

 

        Adapun keuntungan yang utama dari pada pembuatan perseroan terbatas adalah:

  1. Kewajiban terbatas,tidak seperti partnership pada umumnya,peta pemegang saham dalam sebuah perusahaan tidak memiliki kewajiban untuk obligasi dan hutang perusahaan.karnanya akan menyebabkan kehilangan potensial yang”terbatas”tidak melebihi dari jumlah yang mereka bayarkan dari saham .Tidak cukup sampai di sini dalam mengizinkan perusahaan untuk melaksanakan dalam usaha yang beresiko,akan tetapi kewajiban terbatas juga dapat membentuk dasar untuk perdagangan di saham perusahaan.
  2. Masa hidup abadi,adapun aset dan struktur perusahaan dapat melewati masa hidup dari pemegang sahamnya.dari berjabat maupun dari direktur.inilah yang dapat menstabilitaska modal, yang mana hal ini dapat menjadi investasi dalam proyek yang lebih besar lagi dan dalam jangka waktu yang lebih panjang daripada asaet perusahaan tetap dan dapat menjadi disolusi dan penyebaran.kelebihan ini juga dapat samgat penting dalam periode pertengahan ,maka ketika tanah di sumbangkan pada suatu perusahaan yang tidakakan mengumpulakan biaya fuedal yang mana seorang tuan tanah dapat mengklaim ketika seorang tuan tanah ada yang meninggal .

Kekurangan ataupun kesulitan

        Kerumitan dalam melaksanakan atau membuat suatu perizinan dan organisasi. Untuk menghadirkan perseroan terbatas (PT) tidaklah mudah seperti yang mungkin dibayangkan .

             Selain biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit, perseroan terbatas (PT) juga membutuhkan akta notaris dan juga izin khusus untuk membangun suatu usaha tertentu .lalu dengan besarnya perusahaan belum lagi kendala atau masalah yang mungkin akan terjadi dalam tingkan personel .

Macam-macam pembagian perseroan terbatas

PT terbuka

        Peseroan terbuka adalah perseroan terbatas yang mana perseroan ini menjual sahamnya kepada seluruh masyarakat melalui pasar modal (go public) jadi seluruh sahamnya ditawarkan kepada publik atau umum ,diperjualbelikan melalui bursa saham untuk di perseroan terbatas ini cukup banyak untuk kita dapati seperti PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk,PT Bank Central Asia Tbk, dan lain-lain.

PT tertutup

        Untuk perseroan ini modal yang mana modalnya berasal dari kalangan tertentu saja bisa jadi pemegang saham mungkin hanya kerabat atau mungkin  sanak keluarkanya.intinya perseroamn ini tidak dibuka bagi masyarakat umum.

PT kosong

        Adalah perseroan yang sudah jadi ataupun sudah lengakap izin dan segala macamnya hanya saja perseroan ini dibilang kosong karna memeng didalam perseroan ini tidak didapati kegiatan .

       Pada saat ini banyak sekali kita jumpai jasa-jasa tertentu yang dapat memudah kita dalam mewujudkan apa-apa yang menjadi keinginan kita termasung pembuatan perseroan terbatas ada jasanya? Ada, ada jasa pembuatan atau pendirian PT,izin PT,izin PMA(penanaman modal asing),izin CV (commanditaire vennootschap).

         Siapa yang melayani jasa tersebut ? banyak , salah satunya ada  PROLEGAL. Adalah salah satu solusi bagi bara pengusaha ang ingin meningkatkan kualitas usahanya dangan fondasi hukum yang kuat dan jelas.

         Selain itu perusahaan ini juga selalu menyelenggarakan berbagi kegiatan pagi para pelaku usaha seperti  pelatihan, seminar, workshop dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi link dibawah:

https://prolegal.id/

        setelah anda membaca berbagai macam terkait apa itu perseroan terbats, pembagiannya dan lain sebagainya .terakhir saya akan memberikan informasi menarik dantidak kalah penting dari informasi yang telah anda baca sebelumnya dari halaman ini ,yaitu

Tips atau cara membagun suatu perseroan terbatas dengan seluruh persyaratan yang harus dilengkapi pada tahun 2018

Secara garis besar gambaran persyaratannya seperti  dibawah ini

               Langkah-langkah dalam membangun perseroan terbatas

  1. Mempersiapkan Data Pendirian PT. meliput:
  2. Nama PT yang akan didirikan
  3. Tempat dan kedudukan PT
  4. Tujuan serta maksud didirikannya PT
  5. Struktur modal PT
  6. Pengurus PT
  7. Hadirnya Akta Pendirian di Notaris
  8. Pengesahan SK Mentri Pembuatan PT
  9. Mengurus Domisili kelurahan
  10. Mengurus NPWP dikantor pajak
  11. Mengurus izin usaha (SIUP bagi perusahaan perdagangan) terakhir,
  12. Mengurus TDP

       Demikian sekiranya ada 7 cara atau tips mendirikan PT dan persyaratan yang harus dilengkapi  pada tahun 2018, seluruh persyaratan tersebut haruslah dipenuhi oleh para calon pendiri PT.

TENTANG PROLEGAL

          PROLEGAL adalah suatu  komunitas bisnis yang menyediakan layanan kantor virtual dan layanan bisnis pendirian PT di Jakarta,selain ini perusahaan ii pun melayani jasa penguruhan pendirian pt  jasa tersebut meliputi:

  1. Cek dan registrasi nam pt.
  2. Akta pendirian dan notaris.
  3. Surat keterangan dari badan hukum dan kemenkumham.
  4. Surat keterangan domisili perusahaan (SKDP).
  5. Nomor pokok wajib pajak (NPWP).
  6. Surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan,
  7. tanda daftar perusahaan.

            Kesalahan Persepsi Dalam Mendirikan Perseroan Terbatas – Kebutuhan manusia yang tidak ada habisnya membuat banyak orang memutar otak demi memperoleh pendapatan. Sudah menjadi kewajiban manusia untuk bertahan hidup. Selain bekerja di perusahaan orang , mendirikan usaha adalah salah satu alternatif yang dipilih oleh  orang yang berani mengambil resiko.

         Meskipun pilihan untuk mendirikan usaha kecil-kecilan sering menjadi prioritas, namun mendirikan usaha berbadan hukum seperti perseroan terbatas juga banyak diminati. Tapi sayangnya hingga sekarang maish banyak kesalahan-kesalahan persepsi yang sering dilakukan saat mendirikan perseroan terbatas. Mari kita cek ulasannya berikut ini:

  1. Pajak PT Lebih Besar Dari Pajak CV
  2. Prosedur Pendirian PT Rumit
  3. Mendirikan PT Memerlukan Modal Awal Minimal Rp. 50 juta
  4. PT Harus Punya Kantor Secara Fisik
  5. Perusahaan Harus Berbentuk PT Untuk Dapat Pinjaman Bank
  6. Jika PT Bangkrut Maka Pemegang Saham Juga Bangkrut
  7. Pengurusan PT Lebih Rumit Karena Ada RUPS dan lain-lain

semoga bacaan ini dapat menjadi pencerah dan menambah wawasan bagi pembaca terkait perseroan terbatas.

sumber:https://prolegal.id