Apa Manfaat Puasa Senin Kamis ?.

Bacaan,do’a,dan niat puasa sunnah senin kami,serta tata cara waktu buka

 

Amalan sunnah yang sangat popular di semua kalangan salah satunya ialah berpuasa pada dua hari yaitu senin dan kamis. Tentu ada alasan dan hikmah tersendiri mengapa puasa di kedua hari tersebut seolah menjadi tajukan paling sempurna bagi setiap muslim dalam mencontoh suri tauladan baginda Rasullah S.A.W yang tentunya di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Puasa Senin Kamis Yuk

Sehingga tidak heran apabila amalan pada hari tersebut adalah bagian dari amalan terpenting, sebab tidak hanya sebagai amalan ibadah saja ,akan tetapi terdapat keistimewaan dan manfaat serta hikmah besar bagi ornag yang melaksanakan dan mengetahui amalan sunnah dalam islam yang begitu banyak sekali seperti puasa senin kamis, hafal tentang do’a shalat dhuha dan yang lainya itu seolaha menjadi aktifitas keseharian yang banyak hikmahnya dan manfaat. Terutama bagi yang memerlukan kebahagiaan yang sebenarnya.

 

Sebagaiman yang tersirat dalam sebuah hadits yang artinya”amal-amal setiap manusia diperiksa pada setiap hari senin dan kamis, maka aku menyukai amal perbuatanu diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR.At Tirmidzi). Hadits ini menunjukan bahwa terdapat keistimewaan yang ada pada hari tersebut, sehingga sangat didambakan tidak hanya orang muslim saja ,tetapi diluar muslim pun banyak yang mempercayainya.

Hal ini bias dilihat dari adanya kepercayaan dari mereka tentang keistimewaan yang ada pada hari senin dan kamis, meskipun secara konsikuensi ajaranya itu sangatlah jauh berbeda dengan ajaran islam. Tetapi kita sebagai umat islam sudah sepatutnya mencontoh kepada baginda Rasulullah S.A.W dengan mengindahkan sunnah dan anjuran darinya salah stunya dengan berpuasa pada hari senin dan kamis tersebut.

Dalam keterangan hadits lain menyebutkan bahwa “pintu-pintu Surga dibuka pada hari senin dan kamis.maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya,kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.lalu dikatan , “Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”(HR. Muslim)